Pupuk Serasah; Pengertian Dan Manfaat

Serasah merupakan istilah yang berasal dari sampah berserakan. Namun sampah yang dimaksud disini bukanlah sampah biasa tetapi sampah organik dari sisa hasil pertanian, seperti daun, ranting, dan batang serta vegetasi lainnya. Sampah organik ini yang kemudian dimanfaatkan menjadi pupuk serasah.

Apa Itu Pupuk Serasah

Pupuk serasah adalah jenis pupuk organik padat yang berasal dari sisa-sisa hasil pertanian yang dimanfaatkan secara langsung dalam pemupukan tanaman. Penggunaan serasah ini sebenarnya kelihatan kotor dibandingkan pupuk organik lain. Menggunakan sampah pada lahan pertanian dan menunggu bakteri pengurai melakukan proses pengomposan tanpa upaya tambahan memberikan aktivator atau dekomposer.

Sumber Bahan Pembuatan

Bahan pembuatan pupuk berasal dari limbah pertanian sendiri. Beberapa bahan yang bisa digunakan adalah sebagai berikut:

  1. Jerami
  2. Sabut kelapa
  3. Rumput
  4. Daun-daunan

Limbah pertanian tersebut daripada dibuang atau dibakar lebih baik dijadikan pupuk. Tidak ada perlakuan khusus yang diberikan. Cukup diletakkan di atas tanah dan sisanya bakteri atau mahkluk hidup pengurai yang menjalankan tugasnya.

Cara Pemakaian

Pemakaian pupuk organik padat ini sangat mudah. Pupuk tersebut hanya diletakkan diatas tanah jadi tidak harus dicampurkan secara langsung ke dalam tanah pada saat pengolahan lahan. Pupuk yang sudah diletakkan tersebut akan mengalami proses dekomposisi oleh makhluk hidup pengurai yang ada di lahan pertanian.

Cara paling mudah dalam pemakaian serasah adalah meletakkan kulit pisang pada pot yang berisi tanaman. Kulit pisang tersebut akan mengalami proses penguraian oleh bakteri yang akan berubah menjadi pupuk yang dibutuhkan oleh tanaman.

Manfaat Pupuk Organik Serasah

Pupuk serasah memiliki banyak manfaat baik untuk kesuburan tanah, pertumbuhan tanaman dan keseimbangan ekosistem pertanian.

Manfaat Bagi Tanah

  1. Menyuburkan tanah. Pupuk organik padat ini berperan dalam memperbaiki sifat fisik, kimia, dan biologi tanah. Tanah pertanian akan kembali subur dengan kandungan bahan organik yang didapatkan secara alami dari sisa hasil pertanian sebelumnya.
  2. Sumber unsur hara dalam tanah. Unsur hara makro dan mikro didapatkan ketika proses penguraian bakteri sudah selesai. Bahan organik sudah berubah menjadi pupuk kompos yang secara langsung sudah menyatu dengan tanah.

Manfaat Bagi Ekosistem Pertanian

  1. Menjadi tempat makhluk hidup pengurai seperti kumbang tanah, kaki seribu, lipan, cacing tanah, jamur dan bakteri.
  2. Serasah juga bisa menjadi tempat tinggal hewan-hewan seperti jenis kodok, ular dan kadal.

Manfaat Bagi Tanaman

  1. Merangsang pertumbuhan tanaman secara utuh mulai dari akar, batang, daun serta pembentukan bunga dan buah.
  2. Melindungi tanaman dari gangguan gulma, serasah dapat dimanfaatkan sebagai mulsa alami.
  3. Ekosistem lahan pertanian terlindungi sehingga musuh alami hama dapat melindungi tanaman.

Baca Juga: Manfaat Pupuk Kandang

Demikian pembahasan tentang pupuk serasah. Semoga informasi tentang pertanian ini bermanfaat!