10 Jenis Ulat Daun Yang Merusak Tanaman

Ulat daun merupakan salah satu jenis hama yang sering menyerang tanaman budidaya petani. Keberadaan hama ini sangat meresahkan petani karena dapat menyebabkan kerusakan parah pada tanaman mulai dari terganggunya pertumbuhan sampai gagal panen. Upaya pengendalian serangan ulat ini kadang mengalami kegagalan karena keterlambatan penanganan dan juga cara penanganan yang salah.

Jenis Ulat Daun Berdasarkan Tanaman Yang Diserang

Ulat daun yang menyerang tanaman petani sangat beragam tergantung jenis tanaman yang dibudidayakan. Beberapa jenis ulat berdasarkan tanaman yang diserang adalah sebagai berikut:

  • Ulat Grayak (Spodoptera)

Spodoptera merupakan jenis ngengat yang termasuk ke dalam suku Noctuidae. Larva dari ngengat ini dikenal sebagai hama tanaman yang sangat merusak. Jenis ulat ini tidak berbulu dan biasa disebut sebagai ulat tentara atau ulat grayak oleh petani di Indonesia. Ulat Grayak menyerang berbagai jenis tanaman seperti tanaman kacang-kacangan, jagung, padi, cabai, tebu, kedelai, kapas, semangka dan tembakau.

Silahkan Baca: Cara Mengatasi Hama Ulat Grayak.

  • Ulat Daun Kubis/ Diamond Back Moth (Plutella Xylostella L.)

Istilah Diamond Back Moth ini didasarkan pada karakteristik dari jenis ulat ini yaitu adanya pita berwarna krem pada bagian punggungnya, sementara bagian tubuhnya biasanya berwarna cokelat keabu-abuan. Ngengat ini menyerang daun pada tanaman kubis dan sawi. Ulat ini juga bisa dikenal dengan nama ulat kubis.

  • Ulat Peliang Daun (Phyllocnistis Citrella)

Hama ulat ini ditemukan pada tanaman jeruk. Ulat ini membuat liang pada jaringan epidermis daun tanaman. Gejalanya daun tampak berkerut, menggulung, keriting dan terlihat bekas geretan.

  • Ulat penggulung daun (Erionota Thrax)

Ulat ini ditemukan pada tanaman pisang. Keberadaan hama ini bisa ditandai apabila terdapat daun muda yang tergulung menyerupai tabung. Pada saat gulungan tersebut dibuka maka ditemukan ulat tersebut di dalamnya.

  • Helicoverpa Argimgera

Hama Tanaman ini lebih dikenal sebagai ulat buah tomat. Namun ternyata bagian tomat yang diserang pada tanaman tomat bukan hanya buahnya tetapi juga daun dan bunganya. Serangan Helicoverpa Argimgera sangat berpengaruh pada pertumbuhan dan produksi buah tomat.

  • Sethothosea

Ulat api atau dikenal dengan nama ilmiah sebagai Setothosea ini dikenal menyerang berbagai jenis tanaman perkebunan seperti kelapa, kelapa sawit, pohon palem dan tanaman kopi. Disebut sebagai ulat api karena jenis ulat ini memiliki bulu yang apabila mengenai kulit manusia akan terasa panas dan gatal.

  • Ulat jaran (Dasychira Inclusa)

Salah satu jenis hama yang menyerang tanaman kakao adalah ulat jaran. Ulat yang juga dikenal dengan nama ilmiah Dasychira Inclusa sangat meresahkan petani kakao karena menyerang daun muda. Ulat ini bisa ditandai dengan adanya bulu yang menyerupai rambut pada leher kuda.

  • Ulat Jengkal
Hama Ulat Jengkal

Ulat jengkal merupakan hama utama tanaman kedelai. Ulat ini terdiri dari tiga jenis yaitu Plucia Calcites, Pseudoplusia Includens, dan Thysanoplusia Orichachlea. Jenis ulat ini dikenal juga dengan istilah ulat kilan dan merupakan hama pada tanaman kakao, jagung, kacang panjang dan lainnya.

  • Ulat Kipat (Cricula Trifenestrata H)

Jenis hama ini menyerang tanaman buah-buahan seperti Alpukat, Jambu Biji, jambu mete, mangga, kedondong, kenari. Ulat ini merupakan jenis ulat yang sangat rakus karena memakan daun muda dan tua sampai gundul. Apabila tidak dilakukan penanganan dengan segera akan merusak pertumbuhan dan kegagalan produksi tanaman.

  • Palpita sp

Hama perusak daun pada tanaman semangka ini dikenal dengan nama Ilmiah Palpita sp. Ulat ini menggulung daun semangka dan juga menyerang bagian bunga sehingga menyebabkan kegagalan pembuahan.

Baca Juga: Cara Mengatasi Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Bawang Merah.

Demikian pembahasan tentang ulat daun yang menyerang berbagai jenis tanaman pertanian. Semoga informasi ini bermanfaat!