Ulat Grayak; Jenis Hama Dan Cara Mengatasinya

Ulat Grayak atau yang dikenal dengan nama Ilmiah Spodoptera ini merupakan salah satu jenis hama yang menyerang bagian daun tanaman. Hama daun yang juga sering disebut sebagai Fall Army Warm (FAW) ini dapat menyebabkan kerusakan yang cukup berat mulai dari melambatnya pertumbuhan sampai terhambatnya proses produksi tanaman. Jika tidak dilakukan penanggulangan dengan tepat dapat menyebabkan berkurangnya produksi atau bahkan kegagalan panen.

Klasifikasi Ilmiah Ulat Grayak

Ulat grayak ini memiliki banyak spesies dan biasanya spesies tertentu menyerang jenis tanaman tertentu pula. Berikut ini klasifikasi ilmiah dari Spodoptera.

KerajaanAnimalia
FilumArthropoda
KelasInsecta
OrdoLepidoptera
FamiliNoctuidae
GenusSpodoptera Guene
SpesiesS. Abyssinia
S. Albulum
S. Androgea
S. Angulata
S. Apertura
S. Cilium
S. Compta
S. Connexa
S. Depravata
S. Dolichos
S. Eridania
S. Evanida
S. Excelsa
S. Exempta
S. Exigua
S. Fasciculata
S. Frugiferda
S. Hipparis
S. Latifascia
S. Littoralis
S. Litura
S. Malagasy
S. Marima
S. Mauritia
S. Ochrea
S. Ornithogalli
S. Pecten
S. Pectinicornis
S. Peruviana
S. Picta
S. Praefica
S. Pulchella
S. Roseae
S. Semiluna
S. Teferii
S. Triturata
S. Umraculata

Tanaman Yang Diserang

Ulat grayak menyerang beberapa jenis pertanian yang ada di Indonesia seperti tanaman Jagung, padi, kapas, cabe, tebu, kedelai, kapas, semangka dan masih banyak lagi lainnya. Setidaknya ada sekitar 80 jenis tanaman inang yang dari hama daun ini. Beberapa jenis tanaman yang banyak dibudidayakan di Indonesia akan kita bahas dibawah ini.

Tanaman Jagung

Spesies yang menyerang tanaman jagung adalah Spodoptera Frugiperda. Gejala serangan ulat daun ini ditandai dengan adanya lubang-lubang bekas gigitan dan kotoran pada daun muda yang masih menggulung. Selain itu juga ditemukan telur pada bagian daun dan batang.

Tanaman Tomat

Pada tanaman tomat spesies yang menyerang adalah Spodoptora Litura F. Hama ini bahkan menjadi hama utama tanaman tomat karena berpotensi menyebabkan kegagalan panen. Kerusakan pada daun bisa sangat terlihat dengan jelas seperti terpotong-potong, sobek dan berlubang.

Tanaman Padi

Hama padi yang menyerang bagian daun adalah ulat grayak dari Spesies Spodoptora Maurita. Ulat ini mampu menghasilkan telur sebanyak 150-200 yang diletakkan pada bagian bawah daun padi atau rumput. Siklus hidup untuk bermaetamorfosis secara sempurna adalah 20-31 hari. Spodoptora Maurita menyerang tanaman padi pada lahan persemaian.

Cara Mengatasi Hama Ulat Grayak

Cara mengatasi serangannya dapat dilakukan dengan tindakan pencegahan dan pengendalian.

Langkah pencegahan:

  1. Memimilih benih dari varietas unggul yaitu memiliki daya kecambah yang baik, bebas dari pathogen.
  2. Lakukan penanaman tepat waktu
  3. Penanaman tumpang sari

Agar serangan hama ini dapat diatasi dengan baik petani harus lebih sering ke lahan untuk mengamati adanya kemungkinan serangan. Jika terdapat tanda-tanda adanya jenis hama ini maka segera lakukan tindakan pengendalian sebagai berikut:

  • Pengendalian Secara Mekanis: Dilakukan dengan cara mencari dan membunuh larva yang ditemukan pada daun dan batang.
  • Menggunakan Agensia Hayati: Hama ini memiliki musuh alami seperti predator pemangsa hama, parasit terhadap larva, dan pathogen yang dapat membunuh larva.

Baca Juga: 10 Jenis Ulat Daun Yang Merusak Tanaman.

Demikian pembahasan tentang Hama Ulat Grayak pada tanaman. Semoga informasi ini bermanfaat!