Unsur Hara Yang Dibutuhkan Tanaman

Unsur hara merupakan kebutuhan tanaman untuk tumbuh subur dan menghasilkan buah yang lebat. Kandungan unsur tersebut pada dasarnya sudah teradpat dalam tanah secara alami namun jika jumlahnya sudah berkurang bisa ditambahkan dengan pemberian pupuk. Setiap pupuk memiliki kandungan yang berbeda-beda tergantung jenisnya.

Jenis Unsur Hara Dalam Tanah

Unsur hara unsur hara dibagi menjadi dua berdasarkan jumlah kebutuhan tanaman yaitu unsur makro dan mikro. Unsur hara makro dan mikro didapatkan secara alami dan juga pemberian oleh manusia. Unsur tersebut diberikan oleh manusia dalam proses pemupukan tanaman.

Unsur Hara Makro

Unsur hara makro adalah nutrisi yang dibutuhkan tanaman dalam jumlah besar. Jenis unsur tersebut tersebut adalah sebagai berikut:

  • Nitrogen (N)

Nitrogen merupakan unsur yang pasti dibutuhkan tanaman. Fungsinya adalah untuk merangsang pertumbuhan vegetatif tanaman secara keseluruhan mulai dari pertumbuhan akar, batang dan daun. Nitrogen berperan dalam pembentukan klorofil (Zat hijau daun) untuk proses fotosintesis. Unsur ini juga sangat penting untuk pembentukan protein, lemak dan berbagai senyawa organik lainnya.

  • Phosfor (P)

Phosfor merupakan unsur yang dibutuhkan tanaman untuk pertumbuhan akar terutama pada benih dan tanaman yang masih muda. Unsur ini menjadi bahan mentah bagi pembentukan sejumlah protein tertentu. Phosfor sangat berperan dalam membantu proses asimiliasi dan pernafasan tanaman. Kebutuhan phosfor ini juga digunakan untuk mempercepat pembungaan dan pemasakan buah pada tanaman buah.

  • Kalium (K)

Kalium dibutuhkan tanaman untuk membantu pembentukan protein dan karbohidrat. Selain itu kalium juga sangat berperan untuk menguatkan tanaman sehingga daun, bunga, dan buah tidak mudah rontoh. Unsur ini juga membantu meningkatkan daya tahan tanaman sehingga tahan terhadap kekeringan dan serangan penyakit.

  • Sulfur/ Belerang (S)

Sulfur atau belerang sangat dibutuhkan tanaman untuk pertumbuhan anakan. Selain itu unsur ini juga dibutuhkan dalam pembentukan bintil akar bagi tanaman yang tidak memiliki anakan.

  • Kalsium (Ca)

Kalsium merupakan unsur yang dibutuhkan tanaman untuk merangsang pembentukan bulu-bulu akar, mengeraskan batang dan merangsang pembentukan biji. Unsur ini juga berfungsi untuk menetralkan senyawa atau keadaan yang tidak stabil pada tanah.

  • Magnesium (Mg)

Kalsium merupakan unsur yang berperan dalam transfortasi phosfat pada tanaman. Unsur ini juga dibutuhkan untuk pembentukan sat hijau daun, karbhidrat, lemak dan senyawa minyak pada tanaman.

Unsur Mikro

Unsur hara mikro merupakan nutrisi yang dibutuhkan tanaman dalam jumlah yang relatif lebih sedikit dan tergantung jenis tanaman yang dibudidayakan. Adapun jenis unsur tersebut adalah sebagai berikut:

  • Klor (Cl)

Klor dibutuhkan oleh tanaman yang membutuhkan hasil produksi kering seperti tembakau, kapas, kentang, dan aneka sayuran.

  • Zat besi (Fe)

Besi dibutuhkan oleh semua tanaman hijau karena merupakan salah satu unsur yang dibutuhkan pada proses pernafasan tanaman serta pembentukan zat hijau daun.

  • Mangan (Mn)

Mangan merupakan unsur mikro yang dibutuhkan oleh semua tanaman karena berperan untuk memperlancar proses asimiliasi tanaman. Unsur ini juga merupakan komponen penting dalam pembentukan dan melancarkan kerja Enzim.

  • Tembaga (Cu)

Tembaga selain berfungsi untuk pembentukan berbagai jenis enzim juga dibutuhkan untuk menghasilkan klorofil.

  • Seng (Zn)

Zeng juga merupakan unsur mikro yang digunakan untuk pembentukan berbagai jenis enzim. Selain itu Zeng juga berperan dalam biosintesis auksin, pemanjangan sel dan ruas batang.

  • Boron (B)

Boron merupakan unsur mikro yang berperan untuk mengangkut karbohidrat ke seluruh bagian tanaman. Unsur ini juga dibutuhkan untuk membantu bagian-bagian tanaman untuk tumbuh aktif. Untuk tanaman biji boron berperan untuk membantu pembelahan sel.

  • Molibdenum (Mo)

Molibdenum merupakan unsur yang berperan untuk mengaktifkan enzim nitrogenasi serta membantu mengikat nitrogen dari udara.

Baca Juga: Pupuk Hayati Solusi Pertanian Modern.

Demikian pembahasan tentang unsur hara dalam tanah yang dibutuhkan tanaman. Semoga informasi ini bermanfaat! Silahkan informasi pertanian menarik lainnya.