Virus Mosaik Apel Dan Cara Pengendalian

Virus Mosaik merupakan salah satu jenis penyakit daun apel. Secara singkat keberadaan virus ini dapat dikenali dengan ciri-ciri Bintik atau pita kuning cerah pada daun. Gejala muncul pertama kali pada tunas tunggal. Pertumbuhan pohon berkurang. Akibat serangan ini akan sangat berpengaruh pada pertumbuhan dan produksi tanaman apel.

Apa Itu Virus Mosaik Apel?

Virus Mosaik Apel mempunyai kisaran inang yang luas, termasuk tumbuhan berkayu dan herba. Virus tidak memiliki vektor alami. Cabang yang terinfeksi menularkan virus saat digunakan sebagai slip untuk pencangkokan. Virus juga bisa menular melalui akarnya. Gejala lebih terlihat pada tahun-tahun dengan suhu musim semi yang moderat.

Tanaman Yang Diserang

Penyakit tanaman yang disebabkan oleh virus ini tidak hanya menyerang pohon apel tetapi beberapa jenis tanaman buah lainnya. Adapun tanaman inang dari virus mosaik adalah sebagai berikut:

  1. Apel
  2. Ceri
  3. Persik
  4. Stroberi

Gejala Serangan

Awalnya, daun mulai menunjukkan bintik-bintik kuning cerah atau pita di sepanjang urat utama pada daun baru dalam satu pucuk. Saat penyakit menyebar, gejala ini muncul pada daun dari semua pucuk. Daun yang terkena mungkin jatuh sebelum waktunya. Pertumbuhan pohon berkurang.

Cara Pengendalian Mosaik Virus Apel

Cara pengendalian virus mosaik dapat dilakukan dengan tindakan pencegahan dan pengendalian hayati. Sampai saat ini belum ditemukan bahan kimia sebagai obat untuk mengatasi serangan virus tersebut.

  • Langkah Pencegahan
  1. Gunakan bahan bersertikat bebas virus.
  2. Jangan gunakan slip dari pohon yang terinfeksi untuk okulasi.
  3. Gunakan termoterapi selama 24 hingga 32 hari pada suhu 38 ° C untuk membatasi berjangkitnya virus.
  4. Musnahkan bagian tanaman yang terinfeksi dan gulma di ladang Anda.
  • Pengendalian Hayati

Penyakit daun apel akibat virus ini tidak bisa disembuhkan. Pohon yang terkena dampak harus dibuang untuk mencegah penyebaran ke pohon lain.

  • Pengendalian Kimiawi

Selalu pertimbangkan pendekatan terintegrasi dengan tindakan pencegahan bersama dengan perawatan biologis jika tersedia. Tidak ada pengobatan kimiawi untuk penyakit virus ini.

Baca Juga: Penyakit Antraknosa Apel Dan Cara Pengendalian.

Demikian pembahasan tentang virus mosaik apel dan cara pengendaliannya, semoga bermanfaat!